Bersama Kehangatan Ukhuwah…

UKHUWAHUkhuwah…..siapa yang tidak mengenal kalimat itu???? hanya enam kata tetapi sangat bermakna, merasuk sukma dan jiwa bagi yang melakukan dan merasakannya. Tali persaudaraan yang mengikat erat tanpa mengenal sesama konsulat, warna kulit, batas teritorial, bahkan melebihi ikatan darah seayah maupun seibu yang selama ini dibanggakan-banggakan oleh orang-orang yang tidak memahami akan hakikat persatuan dan persaudaraan.

Ditengah “gersangnya” kehidupan manusia, di tengah sifat dan rasa acuh tak acuh, keegoisan manusia, sikap masa bodoh dengan sesamanya dan tak peduli akan keadaan sekitarnya. Ukhuwah merupakan oase yang menyejukkan. Ukhuwah merupakan penyejuk hati yang melepas dahaga akan persatuan. Tak bisa kita ragukan kawan, salah satu pilar yang membuat islam bertahan, menjadi pusat peradaban, dan tetap gemilang walaupun dalam gempuran “musuh-musuh” zaman adalah ukhuwah islamiyah.

Tatkala kaum khozroj dan ‘aus bertengkar, lebih mementingkan ego “kekauman”di Madinah, Rasulullah SAW berhasil dengan tangan dinginnya mempersaudarakan kembali mereka bahkan menyatukan hati-hati para Muhajirin dan Anshor. Kaum Anshor rela dengan suka hati memberikan apa yang mereka miliki kepada kaum Muhajirin tak ada “kepentingan-kepentingan”, mereka lakukan dengan sepenuh jiwa dan rasa penuh kecintaan terhadap saudara seimannya.

Rela membagikan separuh harta mereka kepada saudaranya, bahkan istripun rela dibagi saking cintanya mereka terhadap saudara-saudaranya ”PERSAUDARAAN” macam apa ini ???? yang saling berbagi, saling memahami, saling mencintai, saling melengkapi, bukan saling memusuhi, mencederai, menusuk hati walaupun ditengah perjalanan kisah persaudaraan mereka kita temukan butir-butir dilema dan prahara.

Suatu hari di kampus, terdapatlah seorang mahasiswa yang berasal dari negeri Kamboja, beliau selalu semangat dalam belajar. Hingga suatu ketika karena ada suatu kejadian, beliau ditimpa musibah yang tidak bisa dia hindari, terkena penyakit malaria. Dimana ada musibah disitulah ada hikmah. Betapa mengharu biru tatkala  dia menyaksikan indahnya ikatan persaudaraan yang telah terbangun atas nama islam.

Semua kawannya walaupun berbeda bahasa, berbeda negara dengan senang hati, dengan wajah yang tak tampak keletihan sama sekali rela menghibur dia, rela mengorbankan waktu tidur, waktu belajar, waktu istirahat demi kesembuhan “Saudara” mereka. Subhanallah…sekali lagi “PERSAUDARAAN” macam apa ini ??? yang membuat basah hati, yang membuat rindu akan persatuan seakan terobati.

Ya Kawan…….Ku harap kita bisa menuliskan sejarah persaudaraan kita apapun itu bentuknya. Suka duka kita alami bersama, saling mencintai karena-Nya dan semoga kita tak cuma bertemu, berkumpul, berbagi bahagia hanya di dunia tapi juga di Surga-Nya. Izinkan aku menuliskan sebuah puisi ini kawan. Tulisan ini mengalir begitu saja dari jari jemariku dan benakku. Kubuat tulisan ini di tempat yang penuh dengan kehangatan ukhuwah.

Tersentak kalbuku tatkala ku merasakan kedalaman arti persaudaraan
Setelah lama ku menyangsikan adakah yang namanya “kawan”
Saling hantam saling berkepentingan dan melupakan tuhan
Aaah….aah…..aahhh
Lelah….lelah…lelah sekali aku menyaksikan fenomena di negeri ini
Hingga ku tak berani lagi  bermimpi
Mimpi tentang persatuan negeri ini

“Persaudaraan”macam apa ini ???
Kata-kata itu tiba-tiba muncul didalam sanubari
Tatkala menyaksikan hangatnya ukhuwah islamiyah
Yang membuat siapapun menjadi iri
Akankah kami memiliki saudara seperti ini
Yang begitu menentramkan hati
Menyejukkan nurani

Saling mencintai karena Ilahi
Saling melengkapi
Ya Allah….Ya ilahi robby
Pertemukanlah kami dengan orang-orang seperti itu

Tak hanya satu
Tapi beribu-ribu
Agar umat ini kembali bersatu
Saling bersatu padu untuk-Mu Ya Rob…
Untuk-Mu
Untuk-Mu Yang Maha Satu

Oleh : Ahmad Zia Robbany
Departemen Kaderisasi KAMMI Djuanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s